Pantau Hewan Kurban, DKPP Siagakan 13 Dokter

Sabtu, 09 Juli 2022 17:58 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

pengecekan kurban.jpg
Pengecekan hewan kurban oleh petugas DKPP Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Menyambut  Iduladha Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pacitan menyebarkan puluauhn petugas untuk mengangawasi penyembelihan hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP Pacitan Joko Rinanto mengatakan bahwa, saat ini 13 dokter hewan, 20 mantri, dan 14 petugas inseminasi buatan (IB) disiagakan. Mereka akan  menindaklanjuti laporan kesehatan hewan kurban dan memastikan  sapi dan kambing layak disembelih.

“Masyarakat khawatir hewan yang akan dikurbankan nanti sakit. Jadi, perlu kami periksa,” kata Joko Rinanto, Sabtu (9/7/2022).

Sampai kini, call center DKPP telah menerima 100 permintaan pemeriksaan hewan. Diupayakan semua terlayani sebelum hari H Idul Adha.  Tidak hanya pemeriksaan, para petugas pun turut ditugaskan mensosialisasikan tata cara penyembelihan kurban di masa PMK.

“Kami akan keliling nanti, sambil menunggu vaksin berikutnya datang,” tambah Joko.

Joko akan memastikan masyarakat paham akan wabah PMK. Baik potensi penularan maupun penanganannya. Minimal, terjangkitnya sapi satu kandang tak meluas ke wilayah sekitar imbas minimnya pengetahuan. 

“Sosialisasi yang kami lakukan harus rajin karena itu cara yang baik untuk mencegah penularan PMK,” kata Joko.