Warga Pacitan Harus Jaga Kelestarian Hutan

Minggu, 24 Juli 2022 13:36 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

sosialisasi hutan lindung.jpg
Sosialisasi hutan lindung di Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN –Anggota DPR RI Ibnu Multazam meminta warga Pacitan untuk tetap menjaga kelestarian hutan. Hal itu mengingat keberadaan hutan sangat penting bagi kelangsungan hidup ekosistem dan lingkungan sekitar

“Kalau hutan kita lebat, otomatis O2 atau oksigen yang kita hirup menjadi sehat,” kata Multazam, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Multazam, Pacitan sangat kaya akan hutan rakyat, sehingga upaya penghijauan dengan cara melakukan penanaman bibit secara berkala dinilai efektif untuk mewujudkan rehabilitasi hutan lindung.

“Dalam waktu dekat, kami bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Solo akan memberikan bantuan berupa bibit buah kelengkeng untuk warga di sekitar hutan,” ungkap Multazam.

Selain itu, bibit produktif yang kerap digelontorkan di beberapa tempat di Kabupaten Pacitan, hal tersebut diklaim mampu menjaga kelestarian alam utamanya kelestarian hutan. Warga masyarakat diminta agar lebih peduli dan memanfaatkan dengan bijak hasil alam dengan baik.

“Jika alam tidak dijaga keseimbangannya, maka yang terjadi adalah kerusakan dan dampak buruk. Dampak buruk alam akan berdampak juga pada kesehatan dan keselamatan warga masyarakat,” kata Ibnu Multazam saat hadir pada sosialisasi dan Bimtek rehabilitasi hutan dan lingkungan (RHL) di Kabupaten Pacitan.